Kamis, 06 Maret 2014

9 Aksi Nekat Ibu Risma untuk Warga Surabaya



Spoilerfor Jangan Lupa:

Quote:Tahun ini akan berakhir manis bagi kota Surabaya. Karena selain menyabet 3 Adipura sebagai kota terbersih Nasional berturut-turut, Perpustakaan Terbaik Nasional, Kearsipan Terbaik Nasional, penghargaan kota Sehat tingkat Nasional, juga meraih penghargaan Futuregovt Asia Pasifik untuk 2 kategori, yaitu Data Center dan Data Inclusion. Aduh, terwujud juga mimpi Indonesia bisa mengalahkan negara lain yang lebih maju, walaupun baru berupa sebuah kota yang unggul seperti ini.

Dan yang paling membanggakan, akhir November 2013 lalu Taman Bungkul di Surabaya meraih Taman Terbaik se-Asia oleh PBB. Penghargaan diberikan oleh UN Habitat Regional Office for Asia and the Pasific, Asia Habitat Society, Asia Townscape Design Society, dan Fukuoka Asian Urban Research Center, langsung kepada bu Risma. Jadi, kalau kita ke Singapura, Bangkok atau Kuala Lumpur, bahkan ke Beijing, Tokyo ataupun Seoul, jangan minder dengan tamannya, hehee… Semua lewat oleh taman Bungkul Surabaya loh!



Spoilerfor PROFIL: PROFILE
lt="" />

UMUM
Nama Lengkap : Tri Rismaharini
Alias : Risma
Profesi : -
Agama : Islam
Tempat Lahir : Kediri
Tanggal Lahir : Senin, 20 November 1961
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Indonesia

PENDIDIKAN
SMP Negeri X Surabaya (1976)
SMU Negeri V Surabaya (1980)
S-1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (1987)
S-2 Manajemen Pembangunan Kota Surabaya ITS (2002)

KARIR
Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya (1997-2000)
Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang (2001)
Kepala Cabang Dinas Pertamanan (2001)
Kepala Bagian Bina Bangunan (2002)
Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005)
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (2010)
Wali Kota Surabaya (2010-2015)


Biar gak memperpanjang mukadimah langsung aja cekidot

Spoilerfor satu: 1. Gerak Cepat Bantu Banjir
Baru beberapa hari lalu, Surabaya perbatasan Gresik terkena banjir. Surabaya memang terkenal sebagai daerah banjir, walaupun dibawah bu Risma jumlah titik rawan banjir jauh berkurang, tetapi tetap ada daerah yang memang banjir mulu, yaitu daerah perbatasan Surabaya-Gresik atau daerah Surabaya Pakal. Mengatasi banjir disini, bu Risma gerak cepat, ikut bersama-sama warga mengatasi banjir, bahkan ikut bantuin angkat pohon tumbang!

Sebelum musim hujan November-Desember ini, Bu Risma memimpin puluhan ribu warga kerja bakti membersihkan sungai, dan saluran. Dan bu Risma tidak segan-segan mengutipin sampah (dengan sarung tangan donk), ikutan nyebur ke kali membersihkan (jadi bukan sekedar mandorin)..

Spoilerfor dua: 2. Ambil alih SPBU untuk Taman
Aksi nekat lainnya adalah ketika bu Risma hendak mengambil alih SPBU yang dibangun di jalur hijau untuk dijadikan taman. Pemilik SPBU ngotot tidak mau. Walaupun berkali-kali negosiasi tetap tidak berhasil. Akhirnya tengah malam bu Risma datang ke SPBU, jalanan di tengahnya dilubangin, terus ditanamin pohon, hahaa. Langsung pemilik SPBU nya nyerah, hehee.

Sekarang Surabaya begitu asri dengan taman-taman. Dan taman-taman ini sangat hidup bahkan hingga malam hari, warga pada ‘liburan’ kesini. Karena konsepnya lengkap, baik untuk lingkungan, sosial, budaya warga

Spoilerfor tiga: 3. Turut serta dalam razia pekat
Ikut razia ABG di diskotik dan menyemprot mucikasi pedagang ABG. Ini dilakuan bu Risma ketika seorang perempuan yang telah memperdagangkan 11 ABG ditangkap polisi. Mereka dimarah-marahin oleh bu Risma, sang ABG disuruh minta maaf kepada ibunda yang telah melahirkannya

Spoilerfor empat: 4. Rela nunggu demi pembangunan
Ketika awal menjadi walikota, bu Risma mendatangi kantor Wakil Presiden untuk membicarakan pembangunan pelabuhan Surabaya yang sudah berpuluh-puluh tahun tertunda. Dan bu Risma tidak mau meninggalkan kantor tersebut (walau sudah dipersilahkan pergi) hingga saat itu juga ada kesepakatan pembangunan. Seminggu kemudian groundbreaking dilaksanakan, dan sekarang pelabuhan Surabaya menjadi pelabuhan sangat sibuk dan peningkatan kapasitanya mencapai 200%.

Bu Risma juga menjalin sister city agreement dengan Antwerp Belgia, salah satu pelabuhan terpenting Eropa, sehingga kargo-kargo tidak perlu singgah di Singapura, tetapi langsung ke Surabaya. Sangat efisien mengurang fee perdagangan antar negara.

Di bawah bu Risma, Surabaya menikmati pertumbuhan ekonomi mencapai 7,5%!

Spoilerfor lima: 5. Transparansi Anggaran
5. Ketika memulai sistem e-budgeting dan e-procurement, bu Risma sempat mendapat ancaman pembunuhan, karena terlalu banyak orang yang kepentingannya terusik. Tetapi bu Risma jalan terus. Surabaya merupakan wilayah di Indonesia yang pertama kali menerapkan sistem ini, dan sangat efisien dalam transparansi anggaran, pertanggung jawaban dan penggunaannya.

Spoilerfor enam: 6. Dekat dengan rakyat
Aksi nekat yang menunjukkan betapa bu Risma itu memang berupaya untuk dekat dengan rakyatnya adalah selalu blusukan ke warga di gang-gang, kemudian setiap pagi mengutipin sampah, kadang siang jika macet tidak segan turun dari mobil mengatur lalin, dan jika malam suka jalan-jalan di taman, kalau ada ABG nonkrong gak jelas mesti dinasehatin supaya rajin belajar…




Spoilerfor tujuh: 7. Pengendali Demo
Mengendalikan demo buruh, bonek sepakbola. Jangan kira disini bu Risma tidak turun tangan. Untuk mengatasi demo buruh setiap bulan Mei, bu Risma mengadakan di stadion atau dikumpulkan disuatu tempat. Disini bebas berorasi, dengar dangdutan, dan bahkan ada doorprize nya segala, hehee. Memang ada juga buruh militan yang menganggap ini ’sogokan’ tetapi banyak juga yang berpikir lebih baik seperti ini, yang penting suara buruh didengar.

Sedangkan bonek sepakbola yang mengamuk dan bikin kerusuhan, ini juga disemprot oleh bu Risma langsung kepada bonek tersebut. Supaya jangan ada korban dan lebih tertib jika nonton bola.

Spoilerfor delapan: 8. Menutup sejumlah lokalisasi
Aksi nekat mengatur PSK Dolly. Sebenarnya Gubernur sudah memerintahkan agar langsung menutup, tetapi Bu Risma ingin bertahap. Jadi harus ada alternatif dulu agar kawasan ini lebih siap secara ekonomi. Jadi dibikinin sentra kerajinan atau sentra makanan. Tetapi aksi ini belum tuntas tentu, karena perlawanan warga dan PSK Dolly dikawasan ini juga bukan main-main.




Spoilerfor sembilan: 9. tak takut hilang jabatan
Aksi nekat tetap mengajukan kebijakan yang dianggap baik walaupun ditentang pusat dan DPRD Surabaya, seperti membatalkan tol dalam kota dan menata serta menaikkan pajak billboard reklame. Untuk kasus ini malah bu Risma sampe dilengserkan oleh DPRD, tetapi bu Risma tidak takut, cuek. Keputusan ini dianulir oleh Kementrian Dalam Negri.

Kapan ya indonesia punya pemimpin model gini gan

PENGHARGAAN
Spoilerfor cek:
ternyata udah banyak juga penghargaannya gan
2013 :
Tokoh Tempo 2012 Bukan Bupati Biasa
Juara I Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) kategori penataan PKL
Juara I Bidang Pengelolaan Sanitasi, sub bidang Pengelolaan persampahan
Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2013 : The Best of Diamond Champion kategori government
WTN bidang lalu lintas tahun 2012 kategori Kota Metropolitan
Future Gov Award Indonesia 2013 kategori Future City of The Year
Badan Publik Terbaik 1 Pemerintah Kota/Kabupaten se-Propinsi Jawa Timur
Indonesia Marketeers Champion 2013 kategori Government and public service
MIPI Awards 2013 kategori Praktisi Pemerintahan
Adipura Kencana kategori Kota Metropolitan
Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) tingkat Nasional
LSM Tunas Hijau mendapat sertifikat Kalpataru Nasional
Adiwiyata Mandiri (SDN Perak Barat)
Adiwiyata Mandiri (SDN Islam Yamasa)
Adiwiyata Mandiri (SD SAIM)
Adiwiyata Mandiri (SMPN 16)
Adiwiyata Mandiri (SMPN 26)
Adiwiyata Mandiri (SMPN 4)
Wahana Tata Laksana (WTL) Kebersihan tahun 2013
Penghargaan Peduli Gizi 2013 Untuk Rujak Cingur kategori Pangan Sepinggan Tradisional oleh Perhimpunan Peminat Gizi Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia
Penghargaan Lomba Bersih Sehat Tingkat Nasional
Satya Lencana Wirakarya
Penghargaan Kota Layak Anak tingkat nindya
Penghargaan Internasional Future Gov Tingkat Asia-Pasifik 2013 meraih dua kategori yakni Data Center melalui Media Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui "Broadband Learning Center" (BLC)
Penghargaan Kota Sehat Swastisaba Pradapa
LPSE Penghargaan E-Procurement Award 2013 kategori kepemimpinan Dalam Transformasi Sistem Pengadaan
LPSE Penghargaan E-Procurement Award 2013 kategori Penguatan Peran Serta Komunitas Pengadaan
Perpustakaan Terbaik Nasional
Lembaga Kearsipan Daerah Kota Teladan Tk. I Nasional
Anugerah Media Humas Juara II penerbitan Internal (majalah Gapura)
Anugerah Media Humas Juara III Advertorial
Anugerah Media Humas Juara Harapan I Website Pemerintah
Juara 1 Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Kategori Penataan PKL
Penghargaan Internasional Taman Bungkul “The 2013 Asian Townscape Award (ATA) dari PBB”, penghargaan yang pertama kali diraih Indonesia. Mendapatkan Dukungan dari:
1.UN Habitat Regional Office For Asia & The Pasific
2.Asia Habitat Society
3.Asia Townscape Design Society
4.Fukuoka Asia Urban Research Center

2012 :
Bintang LVRI
Penghargaan Environmentally Sustainable City (ESC) Award
Juara I Kategori Kota Indonesian Green Region Award (IGRA) 2012
Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama
Lomba Pengelolaan Rusunawa Tingkat Propinsi Jawa Timur
People of the Year
Kota Peduli Perempuan
Rekor MURI untuk pelayanan KB MOW dengan peserta Terbanyak (886 orang selama 2 hari)
Anugerah Olahraga 2011 Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Jatim untuk Kategori Pemerintah Kota/Kabupaten Peduli Olahraga
Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Adipura Kencana
Plakat Taman Kota Terbaik
Plakat Terminal Terbaik
Piagam SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) Rangking 10 Besar
Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional (SDK Santa Maria Surabaya)
Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional (SDN Kandangan I Surabaya)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SDN Kandangan II)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SD Sekolah Alam Insan Mulia)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SD Islam Yamasa)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SMP Negeri 26 Surabaya)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SMP Negeri 4 Surabaya)
Sekolah Adiwiyata Nasional (SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya)
Peringkat Terbaik dalam Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI)
Manggala Karya Kencana Tingkat Madya Utama
Lomba Posyandu Nasional â€" Posyandu Melati RW VIII Kel. Tambakrejo Kec. Simokerto
Juara Nasional untuk Kategori Perolehan Akseptor MOP (Medis Operasi Pria) Terbanyak
Juara I Lomba Kader Sub PPKBK / Institusi Masyarakat Perkotaan (IMP) â€" Ibu Setiari, kader Sub PPKBK Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal
Brantas Award 2012
Penghargaan Citynet Kategori Kota Partisipasi Terbaik se-Asia Pasifik
Bina Bakti Koperasi 2012
Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya
Juara I Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat (LCCK KIM) se-Bakorwil IV
Penghargaan Badan Publik Terbaik I Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Timur
Penghargaan di bidang Pelayanan Publik Terbaik Se-Jatim
Juara I Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2012
Penghargaan Nugra Jasadarma Putaloka Kategori Perpustakaan Kelurahan/Desa (Kelurahan Ngagel Rejo)
Juara I lomba Lembaga Kearsipan Teladan Tingkat Propinsi Jatim 2012
Perpustakaan Ngagel Rejo Kelurahan Ngagel Kota Surabaya Meraih Predikat Juara I Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan Terbaik Tingkat Propinsi Jatim tahun 2012
Badan Publik Terbaik I Pemerintah Kota/Kabupaten se-Propinsi Jawa Timur
Penghargaan Pasar Genteng sebagai Pasar Tertib Ukur tahun 2012
Lomba Pengelolaan Rusunawa Tingkat Propinsi Jawa Timur (Rusunawa Randu Juara II dan Rusun Sombo Juara Harapan II)
Kategori Terbaik Pro Poor Award (Lomba Karya Penanggulangan Kemiskinan tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2012)
E-Procurement Award LKPP Kategori "Service Innovation"
Juara I Tingkat Nasional Kegiatan OBIT (One Billion Indonesia Trees)
Kota Peduli Pendidikan
Wahana Tata Nugraha

2011 :
Unit Pelayanan Publik Predikat Baik yang diselenggarakan pada UPT Terminal Purabaya
Unit Pelayanan Predikat Baik yang diselenggarakan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian
Adipura Kategori Kota Metropolitan
Taman Kota Terbaik Kategori Kota Metropolitan
Kalpataru untuk Ibu Lulut Sri Yuliani
Adiwiyata Mandiri Untuk SDN Kandangan I, SDN Kandangan III, SDN Perak Barat, SDK Santa Maria, dan SMPN 16
BKD Award
BKN Award
Penghargaan Nasional Kota Layak Anak
Penghargaan Nasional Pataka Paramadhana Madya
Wahana Tata Nugraha
Penghargaan KPK terkait Inisiatif Antikorupsi Kategori Pemerintah Daerah
Nugraha Jasadarma Pustaloka
ASEAN Environmentally Sustainable City Award
Peringkat 1 Smart City Award Kategori Smart Governance
Peringkat 2 Smart City Award Kategori Smart Living
Peringkat 1 Smart City Award Kategori Smart Environment
Juara III IOSA tingkat Nasional
ICTPura Kategori Utama

2010 :
Adipura kategori Kota Metropolitan pada tanggal 8 Juni 2010
Adiwiyata Mandiri yaitu SDN Kandangan III Surabaya pada tanggal 8 Juni 2010
Adiwiyata Mandiri yaitu SDK Theresia I Surabaya pada tanggal 8 Juni 2010
Adipura Sarana Prasarana Kota Terbaik (Best Effort) kategori Terminal diraih Terminal Osowilangun pada tanggal 8 Juni 2010
Calon Adiwiyata (SDN Petemon XIII, SDK Santa Maria, SDN Kandangan I) pada tanggal 8 Juni 2010
Juara I Kelurahan Berhasil tingkat Provinsi, diraih oleh Kelurahan Rungkut Menanggal pada tanggal 17 Agustus 2010
Juara I Kelurahan Berhasil tingkat Nasional pada tanggal 17 Agustus 2010
PU Award atas pencapaian Kinerja Terbaik Peringkat Pertama Bidang Bina Marga kategori Penyelenggaraan Tertib Pemanfaatan Jalan Kota dalam rangka HUT Provinsi Jatim Pada tanggal 12 Oktober 2010
Piala Wahana Tata Nugraha
Pro Poor Award dari Gubernur Jawa Timur
Penghargaan Peniti Emas dari BKKBN Provinsi Jawa Timur
Penghargaan Toilet Terbersih dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI

SUMUR
satu
dua
tiga


Quote:komentar terbaik
Quote:Original Posted By helios89 â–º
Salit deh untuk ibu satu ini, ane pernah lht sendiri beliau malam2 cek pengerukan goring2 di kampus b unair nah,an tyt d berita esokny beliau turun ke dalam gorong2 tsb.
Danpada saat balai pemuda terbakar beliau smp pegang tuh keran semprotan mobil pemadam kbakaran

Quote:Original Posted By aapranatha â–º
bwner gan.beda bgt sama sblm dipimpin yg sama pemimpin sblmnya
di perkantoran dinas2 sby juga gitu gan.ketat bgt disiplinnya

Quote:Original Posted By grahawidya â–º
ane tinggal di surabaya gan, ane ngerasain emang kota surabaya ini teratur, meskipun belum maksimal ye
tapi paling ga setiap permasalahan selalu diselesaikan.
untuk kebersihan kota ane kira uda bagus, sungainya juga bersih ga ada sampah, cuman ga tau kenapa airnya kok keruh ya, ga bisa bening begitu, apa mungkin karena emang surabaya lokasinya dihilir jadi emang keruh
ow ya, ane liat kok surabaya nih tepi sungai mulai perlahan di bebaskan dari pemukiman ya, jadi pemukiman yg tepi sungai itu sekarang dijadikan taman taman,dan di pagari jd tidak menimbulkan pemukiman kumuh.
untuk administrasi sudah lancar semua, ane belum mendapat selentingan kabar ada masalah administrasi yg serius dikota ini,
untuk ketertiban kayaknya yg masih kurang, terutama distasiun kereta api, kesan kumuh, ruwet masih ada, meskipun itu domainnya PT KAI sih
untuk pembangunan saya kira surabaya tergolong lumayan bagus. saya lihat proyeknya ada saja, dan terus ada progress nya, jd ga berhenti.

untuk prostitusi emang uda banyak yg tutup,yg ane tau di bangun sari emang uda tutup, sekarang sedang di bangun pasar, jadi warga bakal di alihkan ke bisnis usaha di pasar.kalo yg lain ane ga tau sendiri jd ga berani bilang kaloo dolly katanya sih uda di target tutup, jadinya julukan yang terbesar seasia tenggara bakal pindah ke thailand kayaknya asal agan tau ga mudah lho menutup tempat begituan, premannya banyak banget.

ow ya emang bu risma ini dulu pernah mau dilengserkan DPRD lho gan, mungkin karena kepentingannya terancam kali ya..
tapi setelah masalah itu surabaya jadi banyak prestasinya, DPRD yg malu

so far, ane nyaman sih tinggal disurabaya, ga bikin stress

Quote:Original Posted By yogifuzzy â–º
ane udh 23thn dr lahir d sby gan. dulu ane gatau apa yg bs d banggain dr daerah ane. beda sama skrg smnjak bu risma mnjabat. ane prnh liat sndri burisma dtg k pengajian rakyat pinggir jalan tanpa pengawalan yg berlebihan. wktu kebakaran di balai pemuda jg keliatan bgt bu risma bingung sampe riwa riwi sambil lari bwa air. kereeeen
Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52b85f100e8b46ec570001be

Previous
Next Post »